Sabtu, 06 April 2013

jembatan tertinggi

Berikut ini adalah daftar jembatan di dunia dengan ketinggian luarbiasa beserta gambarnya yang kami rangkum dalam artikel 5 Jembatan Tertinggi Di Dunia serta Gambarnya.
1). Jembatan Millau Viaduct
millau viaduct bridge-gambar jembatan tertinggi di duniaBagaimana tak dibilang tinggi, jika orang yang melewatinya saja seperti seolah-olah berjalan diatas awan. Millau Viaduct yang berdiri setinggi 343 meter dikukuhkan sebagai jembatan paling tinggi di dunia. Jembatan yang terletak di bagian selatan Perancis ini amat mengesankan, bahkan apabila diukur ketinggiannya nyaris menyamai gedung pencakar langit terkenal Empire State Building. Mempunyai struktur yang amat kokoh tentu merupakan harga wajib bagi jembatan yang masuk didalam National Geographic disi Megastructure ini. Millau Viaduct diresmikan secara langsung oleh presiden Perancis pada saat itu, Jacques Chirac, serta jadi kebanggan bagi warga Perancis.
2). Jembatan Royal Gorge
royal gorge bridge-gambar jembatan tertinggi di duniaJembatan Royal Gorge memiliki ketinggian 321 meter tepat diatas Sungai Arkansas. Jembatan yang terdapat di dekat Canon City, negara bagian Colorado, Amerika Serikat ini mempunyai predikat jembatan paling tinggi di Amerika Serikat dan jembatan gantung paling tinggi didunia. Selesai dibangun di thn 1929 dengan panjang 384 meter dan lebar 5 meter, jembatan Royal Gorge terdaftar terdaftar salah satu tempat bersejarah nasional serta juga digunakan untuk tujuan wisata.
3). Jembatan Akashi-Kaiky
akashi-kaiky bridge-gambar jembatan tertinggi di duniaDengan tinggi 298 meter, jembatan Akashi-Kaiky terbentang diatas Selat Akashi serta menghubungkan kota Kobe yang berada di pulau terbesar di Jepang yakni Pulau Honshu dan kota Iwaya yang berada di Pulau Awaji. Selesai dibangun di thn 1998 dengan panjang rentang pusat 1.991 meter, tentu selain jadi jembatan tertinggi di Jepang, Akashi-Kaiky juga merupakan jembatan gantung terpanjang di dunia.
4). Jembatan New River Gorge
new river gorge bridge-gambar jembatan tertinggi di duniaIni adalah jembatan tertinggi kedua yang di Amerika setelah jembatan Royal Gorge, yaitu jembatan New River Gorge. Dengan tinggi 267 meter di atas Sungai New River, sekitar 17 ribu mobil melintasi disini tiap-tiap harinya. New River Gorge juga merupakan jembatan baja terpanjang kedua di dunia setelah jembatan Millau Viaduct, saat ini jembatan ini juga sering digunakan untuk melakukan olahraga ekstrim seperti rappelling atau base jumping.
5). Jembatan Great Belt Fixed Link
great belt fixed link bridge-gambar jembatan tertinggi di duniaJembatan Great Belt Fixed Link merupakan jembatan paling tinggi di benua Eropa. Jembatan yang mempunyai ketinggian 254 meter ini menghubungkan Zealand dengan pulau-pulau Funen di Great Belt, Denmark. Rampung dibangun di thn 1998 dengan tinggi 254 meter serta memiliki satu buah jalur dan satu terowongan kereta. Seperti layaknya pembangunan jembatan spektakuler lain, jembatan Great Belt sudah membuka jalur transportasi yang meningkatkan ekonomi daerah tersebut. (bin)
sumber:indoped.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar